What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Saturday, February 28, 2015

Inilah Manfaat Positif Jika Kamu Memiliki Hobi

Warna Unyu ~ Orang sering berfikir bahwa seseorang yang berani investasi secara emosional demi sebuah hobi adalah mereka yang memiliki banyak waktu luang. Saya pikir itu salah, karena pada kenyataannya, untuk kamu yang hidup penuh dengan stres dan banyak deadline yang harus dikerjakan, hobi bisa menjadi solusi terbaik untuk menenangkan pikiran kamu.

Jika kamu merasa tidak memiliki hobi, coba pikir lagi. Kegiatan apa yang kamu senangi dan tidak membebani kamu saat melakukannya? Itulah kegiatan yang akan membantu kamu untuk melepas stress dan menenangkan pikiran kamu.

Memiliki sebuah kegiatan yang kamu sukai dan membuat kamu senang jika melakukannya akan berdampak positif untuk kesehatan jiwa dan raga kamu. Menurut stress.about.com, ada beberapa efek positif yang ditimbulkan jika kamu memiliki hobi.

1. Eustress

Untuk kamu yang hidupnya tidak penuh stres, seperti misalnya kamu yang sedang tidak memiliki pekerjaan, hobi merupakan sumber eustress, yaitu jenis stress yang sehat dimana kita mendapatkan sesuatu yang membuat kita bersemangat terhadap hidup.

2. Beristirahat

Hobi merupakan kegiatan membebaskan diri kamu dari pekerjaan dan bebas tanggung jawab dalam kehidupan kamu. Ini sangat membantu bagi kamu yang merasa terkuras energinya akibat dari terlalu banyak tanggung jawab yang dibebankan. Berbeda dengan sekedar duduk diam atau menonton televisi, mempunyai hobi membuat waktu istirahat kamu dihabiskan untuk sesuatu yang lebih produktif daripada duduk diam saja.

3. Outlet Sosial

Berbagai hobi memiliki komunitas sendiri. Seperti klub golf, grup cosplay, atau grup menulis kreatif. Hobi yang membuat kamu terhubung dngan orang lain bisa menjadi pelepas stres, bahkan sarana menambah koneksi.

4. Kepuasan Batin

Rasa kepuasan batin penting untuk membawa arti dan kebahagiaan hidup. Walau terdengar berlebihan, namun kenyataannya rasa puas secara batin menghadirkan tantangan untuk kita menggunakan keterampilan kita sebaik-baiknya dan ada di suatu aliran yang memberi sensasi meditatif. Kita jadi lupa waktu dan lupa akan sumber stres dari hidup kita.

5. Punya Keuntungan bagi Kesehatan

Studi menunjukkan anda yang mengikuti aktifitas fisik santai selama setidaknya 20 menit per minggu cenderung terhindar dari keletihan. Studi lain juga menunjukkan aktifitas-aktifitas itu berdampak pada tekanan darah yang lebih rendah dan hormon kortisol yang lebih banyak.

Jika kamu ingin menikmati hobi favorit namun merasa tidak punya waktu, sepertinya -walau terdengar kontradiktif- menginvestasikan waktu untuk hobi lebih penting bagi kamu dari yang kamu kira, dan mencari waktu melakukannya tidak sesulit yang kamu kira kok.

Setelah membaca artikel ini, kamu mungkin berpikir akan meluangkan waktu di akhir pekan untuk melakukan hal kesenangan kamu itu.
Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2017 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger