What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Tuesday, November 22, 2016

Lima Mitos Kebun Raya Bogor yang Malah Bikin Kamu Tambah Ingin Kesana

kebun raya bogor
Warna Unyu ~ Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik di kawasan Jabodeabek. Banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri berkunjung kesini, terutama di akhir pekan.

Terletak satu kawasan dengan Istana Bogor, Kebun Raya Bogor menawarkan banyak keindahan alam buatan seperti taman yang dapat kamu temui disana. Kamu juga bisa mempelajari banyak hal tentang tumbuh-tumbuhan langka yang terdapat di Kebun Raya Bogor.

Selain itu, Kebun Raya Bogor juga menyimpan banyak misteri tentang sejarah tempat-tempat disana yang harus kamu ketahui. Berkunjung ke Kebun Raya Bogor akan memberikan banyak pengetahuan tentang apa saja yang terdapat disana.

Namun, sebelum kamu berkunjung ke Kebun Raya Bogor, sebaiknya kamu baca lima mitos berikut ini yang disadur dari beberapa laman blog tentang Kebun Raya Bogor yang malah bikin kamu tambah ingin berkunjung kesana

5 Mitos di Kebun Raya Bogor

1. Jembatan Merah Bisa Membuat Putus Cinta
jembatan merah kebun raya bogor
Mitos Kebun Raya Bogor yang pertama adalah Jembatan Merah yang konon katanya bisa membuat pasangan kekasih yang berani melewati akan berakhir cintanya, makanya bagi pasangan kekasih yang percaya dengan mitos ini tidak akan berani melewatinya.

Kabarnya, sudah banyak cerita sepasang kekasih yang akhirnya berpisah setelah melewati jembat bercat merah yang berada di atas Sungai Ciliwung ini. Makanya kalau berkunjung ke Kebun Raya Bogor, Khususnya di Jembatan Merah ini tidak dianjurkan bersama pasangan.

Sejauh ini, belum diketahui kapan pertama kali mitos ini muncul, tapi yang pasti saat jaman perjajahan Belanda, di sungai dan jembatan ini dipenuhi dengan mayat-mayat para pejuang yang mati memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

2. Pohon Jodoh Yang Bisa Membuat Hubungan Cinta Jadi Awet

pohon jodoh kebun raya bogor
Salah satu daya tarik dari Kebun Raya Bogor yaitu Bunga Titan Arum atau bunga Bangkai (Amorphophallus titanum), tapi selain bunga Bangkai tersebut, di tempat wisata ini ada sepasang pohon yang disebut Pohon Jodoh.

Pohon Jodoh ini adalah salah satu mitos Kebun Raya Bogor yang lumayan populer dikalangan wisatawan yang pernah berkunjung kesana, dimana konon katanya pohon ini bisa membuat hubungan cinta jadi awet.

Kalau dilihat secara sekilas, memang sepasang pohon ini memang serasi sekali, makanya banyak wisatawan yang menyebutnya lambang cinta dari Bogor. Uniknya, ternyata kedua pohon bukan dari jenis yang sama.

Karena perbedaan jenis inilah, banyak orang yang menganggapnya sebagai sepasang pengantin, sampai akhirnya berkembang mitos siapa saja yang duduk dibawahnya bersama pasangannya maka hubungan cinta mereka awet sampai kepernikahan.

3. Penampakan di Danau Gunting

Danau Gunting Kebun raya bogor
Seperti tempat lainnya yang ada di Kebun Raya Bogor, Danau Gunting juga tidak bisa lepas dengan yang namanya mitos, salah satunya yang sering dibicarakan adalah penampakan sosok hitam dan besar di area danau tersebut.

Mitos Kebun Raya Bogor lainnya yang masih berhubungan dengan Danau Gunting yaitu sering juga terjadi penampakan sosok Noni Belanda di pulau kecil yang ada di tengah danau tersebut. Di duga itu adalah sosok Olivia Mariamne Devenish yang monumennya tidak jauh dari danau tersebut.

4. Di Makam Ratu Galuh Mangku Alam, Konon Katanya di Jaga Oleh Sosok Harimau

Makan Ratu Galuh Mangku Alam
Di Kebun Raya Bogor ada sebuah makan yang dikeramatkan yaitu makam Ratu Galuh Mangku Alam, beliau adalah istri Prabu Siliwangi, dimana kabarnya, makam ini sudah ada sejak 600 tahun yang lalu.

Nah, inilah mitos Kebun Raya Bogor selanjutnya yang berhubungan dengan makam kramat ini yaitu konon katanya makam Ratu Galuh Mangku Alam dijaga oleh sosok seekor harimau yang konon katanya juga jelmaan Prabu Siliwangi.

Selain makam Ratu Galuh Mangku Alam, di Kebun Raya Bogor juga terdapat makam lainnya yaitu makam Mbah Jepra yang dulunya merupakan panglima kerajaan Pajajaran dan makam makam Senopati Mbah Baul.

5. Komplek Bekas Perumahan Belanda

komplek makan belanda di kebun raya
Di bagian belakang ujung pintu gerbang, ada jalur setapak yang tidak hanya menyuguhkan pemandangan pepohonan yang rindang, tapi kamu juga bisa menemuan sebuah komplek bekas perumahan Belanda yang tidak berpenghuni.

Selain perumahan tersebut, di tempat ini berderet juga pemakaman kuno, makanya di tempat ini sangat jarang dilewati karena dikenal angker karena katanya beberapa pengunjung pernah melihat penampakan sosok noni-noni Belanda di area pemakaman ini.

Itulah beberapa mitos yang sering kita dengar tentang kebun raya Bogor, apakah kamu percaya ? itu semua kembali lagi kepada diri kamu sendiri. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silakan share ke teman-teman kamu.

Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2017 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger